MTU

MTU Friedrichshafen GmbH adalah produsen komersial mesin diesel didirikan oleh Wilhelm Maybach dan putranya Karl Maybach pada tahun 1909. Wilhelm Maybach adalah direktur teknis Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) – sebuah perusahaan pendahulu dari multinasional Jerman Daimler AG automative korporasi sampai tahun 1907. Pada 23 Maret 1909 ia mendirikan perusahaan baru, Luftfahrzeug-Motorenbau GmbH (harfiah “Aircraft Engine Company”), bersama Karl Maybach sebagai direktur. Beberapa tahun kemudian perusahaan ini berganti nama menjadi Maybach-Motorenbau GmbH (“Maybach Engine Construction Company”) yang awalnya mengembangkan dan memproduksi mesin diesel dan bensin untuk Zeppelins, dan  Mb.IVa Maybach sendiri digunakan dalam pesawat terbang selama perang dunia pertama.

Awalnya perusahaan membangun kendaraan experimen pada 1919, dimana produksi model pertama diperkenalkan dua tahun kemudian di Berlin Motor Show. Selama periode 1921 hingga 1940 perusahaan memproduksi berbagai macam kendaraan klasik. Selain itu perusahaan juga meneruskan produksi mesin Diesel untuk perkapalan (marine) dan kereta api. Selama periode perang dunia kedua, Maybach memproduksi mesin mesin untuk kendaraan artileri seperti tank bagi kepentingan Jerman. Perusahaan berganti nama menjadi MTU Friedrichschafen pada 1960.

MTU Friedrichshafen tetap menjadi bagian DaimlerChrysler sampai 2006 dan menjadi bagian dari Corporation Tognum.

MTU saat ini memproduksi mesin diesel untuk kepentingan kereta, perkapalan, kelautan, migas, militer, agrikultur, pertambangan dan perlengkapan konstruksi. Sama halnya dengan Diesel Genset

MTU sendiri merupakan singatan dari Motoren- und Turbinen yang berarti Penggabungan mesin motor dan turbin.

Di Indonesia sendiri mesin genset MTU sudah sangat banyak dan umum digunakan di PLN dan perkapalan. Baik oleh instansi maupun pihak swasta. Begitu juga dengan ketersediaan suku cadang. Diesel Genset MTU mudah didapat dan memiliki banyak persamaan dengan Diesel Genset Mercedes yang banyak digunakan di kalangan manufaktur dan Industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s